MA Darul Ulum Purwogondo

Jl. Kromodiwiryo Purwogondo RT. 05 / RW. 01 Kalinyamatan Jepara

Terbentuknya Peserta Didik yang Sholih dan Sholihah

Memperingati Hari Santri Nasional, MA DU Mengelar Istighosah Kebangsaan

Selasa, 22 Oktober 2019 ~ Oleh Muhammad Faizuddin, S.Kom. ~ Dilihat 1628 Kali

MA Darul Ulum Purwogondo - Untuk memperingati Hari Santri Nasional yang Ke-4, MA Darul Ulum Purwogondo mengadakan kegiatan acara istighosah kebangsaan yang digelar dihalaman tengah madrasah. (22/10/2019)

Dalam acara tersebut yang menjadi pembicara utama adalah Bapak Drs. H. Mufid, M.Pd. yang juga merupakan Dosen UNISNU Jepara sekaligus Wakil Dekan II FTIK UNISNU Jepara. Didalam pesan kebangsaannya, beliau berpesan agar para santri di madrasah aliyah ini turut serta dalam membangun persatuan bangsa Indonesia.

"Mari kita maknai hari santri nasional ini sebagai bentuk untuk membangun persatuan dan kesatuan Indonesia yang akhir-akhir sering terancam maraknya paham radikalisme " ujar beliau yang juga mengampu mapel ke-NU-an.

Penetapan Hari Santri Nasional sendiri dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama di Surabaya. Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

Penulis


Ahmad Awang

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT